Sequence of Service adalah prosedur pelayanan dalam restoran yang dilaksanakan guna memberikan pelayanan terbaik. Dalam restoran, pelayanan yang baik tentu menjadi poin tersendiri yang masuk pada kualitas pelayanan. Hal ini utamanya berlaku untuk waiters yang bertugas menyambut tamu hingga selesai menikmati hidangan.
Urutan Sequence of Servive

Agar terlaksana dengan baik, hal yang perlu diperhatikan adalah urutan dari sequence of service. Urutannya harus dilaksanakan sesuai prosedur dan tidak bisa dibalik-balik. Berikut urutan sequence of service dimulai dari menyambut kedatangan tamu seperti yang dilansir dari Hotelier – Lifestyle & Travel Media:
1. Menyambut tamu
Poin pertama yang harus dilakukan dalam sequence of service adalah menyambut tamu dengan tersenyum ramah. Lakukan semaksimal mungkin agar tamu merasa dihargai dan nyaman dengan pelayanan restoran. Dalam pemyambutan ini, berikan informasi umum secara singkat kepada tamu.
2. Mempersilahkan tamu duduk
Dalam mempersilahkan duduk, utamakan tamu yang lebih tua dan wanita. Tawarkan untuk menggunakan baby chair jika mereka datang bersama anak kecil. Selanjutnya informasikan jumlah tamu yang datang kepada server.
3. Menuangkan air
Selanjutnya disajikan air sejumlah orang dimeja. Air bisa dingin atau hangat sesuai dengan kebutuhan atau permintaan tamu. Jika air disajikan dari botol mineral, maka segel harus dibuka didepan tamu.
4. Memberikan daftar menu
Selanjutnya daftar menu diberikan dari sebelah kanan dalam keadaan bersih. Tamu diberikan waktu sekitar 5 menit untuk memilih makanan yang akan dipesan. Selama menunggu, bisa diberikan penjelasan singkat terkait menu yang tersedia.
Memberikan daftar menu tidak wajib jika tamu sudah melakukan pemesanan sekalian reservasi. Namun tetap ditanyakan jika ada pesanan menu yang ingin ditambahkan.
5. Menyajikan makanan
Selanjutnya makanan disajikan setelah peralatan yang dibutuhkan selesai dipersiapkan. Tata letak makanan juga harus sesuai agar tamu bisa menjangkaunya dengan mudah. Penting juga untuk menyebutkan nama makanan yang dihidangkan.
6. Menawarkan dessert
Setelah tamu selesai makan, selanjutnya waiters menawarkan dessert yang ingin dipesan. Kemudian sambil menunggu dessert, peralatan makan dibawa kebelakang dan menja ditata kembali dalam kondisi bersih.
7. Mengganti asbak
Jika restoran memperbolehkan merokok dimeja, maka asbak perlu diganti setiap 2 puntung rokok. Untuk penggantian asbak dilakukan dengan menggunakan tray.
8. Mengantarkan bill
Terakhir waiters mengantarkan bill yang sebelumnya sudah dicek dengan kesesuaian order. Dalam mengantarkan bill, perlu digunakan cover bill serta dipersiapkan pulpen. Setelah pembayaran selesai, selanjutnya diucapkan terima kasih dan tamu diantarkan hingga ke pintu.
***
Demikian urutan dan cara melakukan prosedur sequence of service dalam restoran. Pelaksanaan sequence of service harus maksimal karena terkait dengan kenyaman tamu. Keberhasilan prosedur ini akan membuat tamu menjadi pelanggan tetap karena pelayanannya memuaskan.