5 cara untuk melindungi bayi Anda dari virus corona

Virus corona tidak hanya menyerang lansia, tetapi juga bayi kita, yang mencakup bayi (kurang dari 1 tahun) dan balita (1-3 tahun). Ada beberapa kiat dan saran untuk membantu Anda melindungi bayi dari virus corona:

1. Batasi waktu bertemu dengan orang lain di sekitar Anda

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat penyebaran virus corona adalah membatasi kontak bayi Anda dengan orang lain semaksimal mungkin. Pastikan bayi Anda tidak bermain dengan anak lain dari rumah tangga lain, dan batasi interaksi dengan orang dewasa juga.

2. Cuci tangan Anda secara berkala

Sebelum menyentuh bayi, pastikan bahwa tangan Anda telah dibersihkan dengan sabun dan air selama 60 detik, demi memastikan bahwa Anda tidak menyebarkan virus corona kepada mereka. Terlepas dari apakah Anda sedang menyusui, memeluk, atau mengganti popoknya.

3. Batasi waktu keluar bersama bayi Anda sesingkat mungkin

Bila memungkinkan, tinggalkan bayi Anda di rumah dan mintalah salah satu anggota keluarga Anda untuk merawatnya. Jika Anda harus keluar rumah, kenakan masker wajah, peluk bayi Anda dan lindungi dari paparan virus corona dengan selendang tipis. Pertahankan jarak pisah yang aman sejauh 1 - 2 meter saat berada di tempat umum dan cuci tangan Anda setelah kembali ke rumah.

4. Lakukan disinfeksi permukaan rumah secara berkala

Biasakan untuk melakukan disinfeksi tempat-tempat yang sering disentuh oleh banyak orang di rumah Anda setiap hari. Tempat ini bisa berupa meja, gagang pintu, sakelar, mainan anak Anda, dll.

5. Kenakan masker wajah

Saat memeluk atau menyusui bayi Anda, sebisa mungkin kenakan masker wajah untuk mencegah paparan tetesan air pada bayi Anda.

Penting!

Anak-anak di bawah usia 2 tahun TIDAK BOLEH mengenakan masker karena bisa tercekik dan mati lemas, serta mereka tidak bisa melepaskan maskernya sendiri.